KOMUNIKASI DALAM JARINGAN



Komunikasi Dalam Jaringan

komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog.

1. Jenis Komunikasi Daring

Penggunaan jenis sarana komunikasi akan memengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Terdapat dua jenis komunikasi daring.

2. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.Text chat, adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung antara sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet).Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.

3. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

4. Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.

5. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya.

6. Perangkat Lunak (Software)

Program  komputer  yang  berguna  untuk  menjalankan  suatu  pekerjaan  yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.

7. Daya Nalar atau Akal (Brainware)

Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

8. Tata krama dalam komunikasi daring

Tata krama dalam komunikasi daring baik sinkron maupun asinkron.

9. Pemanfaatan Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi langsung, serempak, atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dan lainnya.

10. Google Hangout

Google Hangout dapat digunakan untuk mengirim pesan, membuat panggilan audio

atau video, dan berbagi foto, lokasi, dan stiker. Selain aplikasi web, tersedia juga aplikasi mobile untuk iOS dan Android yang memungkinkan untuk melakukan hangout ketika berada di luar ruangan.Hangout akan melakukan sinkronisasi secara otomatis pada perangkat yang digunakan. Jika ingin melakukan Hangout menggunakan komputer, maka dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat lain, misalnya smartphone.

Untuk menggunkan Hangout, harus dipenuhi persyaratan berikut.

1) Akun Google. Jika belum memilikinya, silakan membuat akun Gmail terlebih dahulu pada materi Membuat akun Gmail;

2) Perangkat yang memiliki mikrofon, kamera, dan speaker.

11. Percakapan teks

Google  Hangout  merupakan  salah  satu  perangkat  yang  dapat  digunakan  untuk melakukan percakapan teks (chatting) atau pesan dengan teman dan keluarga. Google Hangout memungkinkan melakukan chatting antara dua orang atau dalam kelompok (maksimal 150 orang), mengirim gambar, dan bahkan mengirim pesan teks ke ponsel.

12. Percakapan Berkelompok

Terkadang diperlukan percakapan kepada beberapa orang sekaligus. Google Hangout memungkinkan untuk melakukan hal ini. Percakapan kelompok dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

13. Panggilan Video

Selain menyediakan percakapan menggunakan teks, Google Hangouts juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dan telpon. Ini salah satu cara untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga. Panggilan Google Hangouts ke nomor telepon akan dikenakan tarif panggilan, oleh karena itu pada pembahasan ini akan dikhususkan kepada panggilan video.

14. Video Kelompok

Panggilan lebih dari satu partisipan juga dapat dilakukan bersamaan. Caranya dengan memasukkan banyak orang ke kolom pencarian, baik yang online ditandai dengan warna hijau, maupun offline. Tekan tombol Video Call untuk memulainya.

15. Tata Krama Komunikasi Sinkron

Terdapat  beberapa  hal  yang  harus  diperhatikan  dalam  pelaksanaan  komunikasi sinkron agar tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron, khususnya video conference, antara lain sebagai berikut.
  • Periksa peralatan yang akan digunakan.
  • Hadirlah tepat waktu sesuai kesepakatan.
  • Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna. Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andreseptian_SMK Maju Padang. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya..
  • Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
  • Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara.
  • Perkenalkan diri sebelum berbicara, pastikan suara dapat terdengar oleh semua peserta.
  • Saat dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain atau moderator akan menginformasikannya.
  • Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.

16. Pemanfaatan Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi daring asinkron atau komunikasi tidak serempak adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Di dalam Bahan Ajar ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron.

E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut. Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa, yaitu:
  • e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat;
  • e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital;
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.

e-mail gratis adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya, biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh e-mail gratis adalah Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dan sejenisnya.

e-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Pengguna diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, nama custom domain email, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan
Salah satu penyedia layanan e-mail tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google dan dapat digunakan pada platform komputer/laptop maupun smartphone. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.

Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah. Saat ini disediakan penyimpanan sebanyak 15GB.

Terintegrasi dengan fitur Google lainnya, antara lain:
  • Google Chrome, web browser gratis yang dikembangkan oleh Google.
  • Google Search, mesin pencari informasi di Internet.
  • Google Drive, merupakan penyimpanan online (cloud storage) untuk menyimpan dokumen, lembar sebar, presentasi, dll. Penjelasan lebih detail akan disampaikan pada bagian ⦁ Menggunakan Layanan Google Drive.
  • Google Calendar, yang digunakan untuk mengagendakan berbagai kegiatan.
  • Google Plus (+), yaitu jaringan sosial yang berbasis ketertarikan.
  • Google Maps, untuk membantu melakukan navigasi.
  • Google Play, untuk mengakses playstore Android.
  • Youtube, untuk mengunggah berbagai video.
  • Blogger, untuk membuat blog.

17. Membuat akun Gmail

Mempertimbangkan  berbagai  fasilitas  yang  dimiliki  oleh  Gmail, dalam proses pembelajaran ini digunakan Gmail sebagai media berkomunikasi daring asinkron.Untuk mendapatkan layanan Gmail, kita harus membuat akun Gmail dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1) Bukalah web browser, kemudian ketik Gmail.com pada address bar dan tekan tombol Enter.
2) Google akan mendeteksi dimana lokasi pengguna saat membukanya. Lokasi ditampilkan di pojok kanan bawah dipilih Indonesia. Klik link Buat akun (Create account) untuk membuat akun baru.
3) Isilah semua kolom isian dengan biodata diri, misalnya sebagai berikut.
  • Nama (Name), terdiri atas dua bagian, yaitu nama depan dan nama belakang. Misalnya dipilih Endang untuk nama depan dan Wulandari untuk nama belakang.
  • Pilih nama pengguna (Choose your username), isilah sesuai dengan nama pengguna yang diinginkan. Isian ini digabungkan dengan @gmail.com, nantinya akan menjadi alamat e-mail. Gunakan hanya huruf, angka, dan titik (.), jangan gunakan spasi ketika menyusunnya, sebagai contoh dipilihlah alamat e-mail denan nama: endangwulandari08@gmail.com.
  • Jika nama pengguna yang diisi telah digunakan oleh orang lain, Gmail akan memberi tahu dan meminta untuk memilih nama pengguna yang lain. Misalnya pada contoh ini, “endangwulandari” telah digunakan oleh orang lain. Maka, endang mengubah nama penggunanya, misalnya dengan menambahkan angka 08.
  • Buat sandi (Create a password), buatlah sandi yang kuat, minimal terdiri atas 8 karakter, gabungan dari angka dan huruf. Disarankan untuk memilih sandi yang baru dan belum digunakan sebelumnya, jangan gunakan sesuatu yang terlalu kentara seperti nama, asal daerah, hewan peliharaan. Dan jika bisa buatlah sandi menjadi sebuah frasa, misalnya: “Gapailah mimpi setinggi langit”

18. Mengirim e-mail

Mengirim e-mail menggunakan akun Gmail dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Klik Tulis (Compose), maka akan muncul kotak dialog Tulis Baru. Lakukan langkah sebagai berikut.
  • Klik di kotak Kepada (To), ketik alamat e-mail yang ingin akan dikirim.
  • Terdapat juga penerima berupa Carbon Copy (CC) dan Blind Carbon Copy (BCC). Fitur Cc digunakan ketika ingin menambahkan penerima lain yang dapat membaca isi e-mail selain penerima utama, sedangkan Bcc memiliki fungsi yang sama dengan CC, namun penerima e-mail lainnya tidak dapat melihat daftar penerima BCC.
  • Klik di kotak Subyek (Subject), ketik subyek atau judul e-mail.
  • Klik dan ketik e-mail di halaman utama. Fitur lain yang disediakan juga dapat ditambah, yaitu: format huruf, lampirkan file, sisipkan file dari drive, sisipkan foto, sisipkan link, dan sisipkan emoji.
  • Klik tombol Kirim (Send).

19. Menerima e-mail

Secara otomatis, e-mail yang masuk akan tampil ketika membuka Gmail. Karena terdapat pada Kotak Masuk (Inbox) dan bertanda tebal (bold).

20. Tata Krama Komunikasi Daring

Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata krama (etiket) dalam melakukannya. Pada komunikasi daring asinkron, kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham. Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam meggunakan komunikasi asinkron, terutama di menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.

a. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.

b. Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.

21. Google Drive

Google Drive merupakan layanan Google yang memungkinkan untuk menyimpan file secara daring dan mengaksesnya di mana saja menggunakan cloud. Google Drive juga memungkinkan untuk mengakses aplikasi berbasis web secara gratis untuk membuat dokumen, lembar sebar (spreadsheet), presentasi, formulir, gambar, dsb.
Saat ini, Google Drive merupakan salah satu penyimpanan cloud (cloud storage) yang pupuler karena menawarkan 15 gigabyte (15 GB) ruang penyimpanan gratis. Drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan file, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat, membagipakaikan, dan mengelola file dengan aplikasi yang produktif.


Untuk Materi Fullnya Ada di bawah ini :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

MESIN PENCARI (Search Engine)

VISUALISASI KONSEP

KELAS MAYA